Pembangunan Taman Safari di IKN: Ramai Bos Tambang Siap Investasi!

Samarpratik > Berita Terbaru > Pembangunan Taman Safari di IKN: Ramai Bos Tambang Siap Investasi!

Pembangunan Taman Safari di IKN: Ramai Bos Tambang Siap Investasi!

Sejumlah pengusaha tambang besar menunjukkan minat untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyasar sektor hiburan, yakni pembangunan Taman Safari. Proyek tersebut diharapkan mampu menarik wisatawan dan menjadi daya tarik utama bagi warga IKN serta penduduk sekitarnya.

Direktur Utama Adaro Energy, Garibaldi ‘Boy’ Thohir mengungkapkan rencana tersebut setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo bersama 16 pengusaha tambang lainnya.

“Kami mungkin akan membuat sesuatu yang bisa menarik orang dari luar untuk datang ke IKN Nusantara. Mungkin dalam bentuk taman safari atau theme park,” ujarnya saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/10).

Menurut Boy, sektor hiburan dan rekreasi sangat penting untuk melengkapi infrastruktur di IKN yang diproyeksikan akan berkembang pesat dengan adanya hotel, mall, dan apartemen. “Ke depannya, warga IKN bisa menikmati fasilitas hiburan di akhir pekan, sekaligus menarik warga dari Balikpapan dan Samarinda untuk berkunjung,” tambahnya.

Meski masih dalam tahap penjajakan, rencana pembangunan Taman Safari ini sejalan dengan konsep IKN sebagai kota hijau yang ramah lingkungan. Boy menekankan pentingnya proyek yang mendukung lingkungan dan berkelanjutan, yang juga mampu menarik massa besar.

Selain Boy Thohir, sejumlah pengusaha tambang besar lainnya seperti dari PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin Indonesia, dan PT Kideco Jaya Agung juga menyatakan minat untuk bergabung dalam proyek pembangunan Taman Safari di IKN.

Mereka berencana membentuk konsorsium guna menggarap berbagai proyek infrastruktur yang mencakup sektor ritel dan hiburan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono memastikan bahwa lahan untuk proyek-proyek hiburan sudah disiapkan. “Kami akan menyiapkan lahan untuk pengusaha besar ini, termasuk untuk hiburan seperti bioskop dan taman safari,” katanya.

Dengan adanya proyek ini, diharapkan IKN tidak hanya menjadi pusat pemerintahan tetapi juga destinasi wisata yang menarik, dengan Taman Safari sebagai salah satu ikon utamanya.

Demikian informasi seputar minat investasi para bos tambang untuk pembangunan Taman Safari di IKN. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Samarpratik.Com.