Berita Terbaru, Usaha Makro

UMKM Yogyakarta Manfaatkan E-Comerce Lewat Blibli

Perusahaan Blibli mengajak para UMKM yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk memanfaatkan fasilitas e-commerce guna mempromosikan produknya hingga ke seluruh Indonesia. Melalui kerja sama deha The Joedo Center selaku Pengelola Rumah Kreatif BUMN Yogyakarta serta pendamping UMKM Yogyakarta dalam talkshow bertemakan “Business Obline: To Be Or No To Be”.

Ad Space

Dalam kerjasama tersebut Blibli melakukan pelatihan, perekrutan, dan pendampingan UMKM binaan The Joedo Center dan pemasangan InStore. Menurut SVP Merchant Sales, Operation and Development Blibli Geoffrey L Dermawan. Menungkapkan bahwa kerja sama tersebut diharapkan mampu meningkatkan penjualan serta inovasi para UMKM untuk menembus pasar yang lebih luas.

Menurutnya, kerja sama ini juga akan menjadi bagian dari implementasi program yang direncanakan dari perusahaannya. Program tersebut adalah kemitraan bersama komunitas, lembaga swasta. Begitu juga pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan produk dan pendampingan UMKM agar dapat memasarkan produknya secara online.

Wilayah Yogyakarta menjadi tempat yang cocok untuk mengangkat UMKM. Ini karena Yogyakarta memiliki banyak UMKM yang sebenarnya siap untuk lebih inovatif dalam penjualan online. Selain itu, Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan, pariwisata, pendidikan, dan kreatif. Berbagai produk lokal juga memiliki pasar khusus untuk wisatawan, baik lokal maupaun mancanegara.

E-Comerce Lewat Blibli

Geoffrey L Dermawan menambahkan jika produk dari UMKM Yogyakarta memiliki cerita selaras dengan budaya lokal. Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin dapat meningkat jika UMKM memnfaatkan e-commerce.

Ad Space

Fasilitas yang akan didapat jika UMKM bergabung adalah adanya standar pelayanan, teknologi, serta galeri khusus untuk produk-produk UMKM Indonesia. Selain itu, ada berbagai mode pembayaran, dan fasilitas bebas ongkos kirim.

Jika aktif dalam e-commerce, UMKM dapat mengikuti kompetisi tahuna The Big Start Indonesia untuk mencari wirausaha UMKM kreatif terbaik di Indonesia. Ini merupakan wujud dukungan dari Blibli untuk mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.

Kerja sama antara UMKM di daerah seperti Yogyakarta dan Blibli diharapkan meningkatkan penjualan produk UMKM. Serta memperkenalkan bisnis online bagi mereka yang belum mengetahui dan memanfaatkannya.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>