Usaha Makro

Tren Positif UMKM di Biak Papua Tuai Pujian

Tren positif perkembangan Usaha Kecil Mikro dan Menengan (UMKM) di Biak Papua dalam pantau sampai kuartal pertama tahun 2018 menunjukan peningkatan signifikan dari tahun –tahun sebelumnya. Salah faktor penyebabnya adalah peran aktif UMKM untuk menggiatkan peran aktif masyarakat lokal terjun langsung sebagai pelaku UMKM di Biak.

Ad Space

Perkembangan UMKM di Biak sendiri memang masih bisa dibilang masih jauh dibawah kota-kota di Indonesia lainnya seperti di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi. Namun menurut Kadisperindag Biak Yubelius keberadaan UMKM di Biak masih bisa terus berkembang karena UMKM memberikan dampak besar bagi perekonomian warga khususnya di daerah perkampungan.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui koordinasi lintas organisasi perangkat daerah terus membina pertumbuhan UMKM sebagai penopang pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior di Biak.

“Peran UMKM saat ini sangat positif untuk terus didorong pemerintah daerah dalam menghasilkan produk-produk kebutuhan barang yang berkualitas,”harap Yubelius.

Ad Space

Kadisperindag Biak akan terus mendukung pengembangan UMKM di Biak sepenuhnya, sampai saat ini memang berbagai program pelatihan, sosialisasi dan bantuan sarana prasarana hingga bantuan modal kepada pelaku UMKM di Biak untuk semakin memaksimalkan potensi ekonomi kerakyatan.

Yubelius menyebut data pelaku UMKM di Kabupaten Biak Numfor diperkirakan mencapai 5.000 hingga 6.000 jenis usaha dengan dominan bergerak di sektor riil jasa perdagangan kios, usaha rumah makan, koperasi serta industri kreatif rumah tangga.

Terkait beberapa UMKM yang belum terdata secara maksimal Yubelius menyebutkan Disperindah Biak akan bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal untuk mendata semua UMKM agara nantinya semua kebijakan dan segala bantuan untuk pengembangan UMKM bisa terserap secara maksimal dan mampu membantu pengembangan UMKM di Biak.

UMKM menjadi salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang mampu memberikan dampak signifikan jika terus dikembangkan dengan benar. Namun faktanya sampai sekarang masih banyak UMKM yang stag belum bisa berkembang secara baik. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh Yubelius, peran aktif pemerintah daerah dan jajaran terkait untuk turun langsung menangani pelaku UMKM menjadi cara ampuh pengembaangan UMKM di daerah khususnya di Biak.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>