Berita Terbaru, Perkebunan

Pertanian Hidroponik, Bisnis Mudah untuk Pemula

Bagi seseorang yang belum pernah terjun ke dunia bisnis biasanya bingung akan mulai dari mana. Dari mulai menentukan bisnis apa yang cocok dan berapa modal yang dibutuhkan. Bahkan bagi pemula pemilihan bisnis yang tepat sangat penting khususnya risiko jika mengalami kegagalan.

Ad Space

Salah satu peluang bisnis yang cocok untuk pemula dengan risiko yang besar adalah usaha hidroponik. Bisnis ini mulai banyak diminati karena dapat memberikan keuntungan yang besar. Hidroponik adalah budaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Teknik yang digunakan adalah dengan mengedepankan kebutuhan nutrisi untuk tanaman.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan air pada tanaman hidroponik lebih sedikit dibandingkan dengan cara bertanam konvensional. Alasan bisnis ini cocok untuk pemula adalah karena mudah dikembangkan. Namun, pangsa pasar dari tanaman hidroponik sangat luas.

Keuntungan yang kedua adalah tidak membutuhkan lahan yang luas. Untuk menanam dengan metode hidroponik cukup membutuhkan lahan yang sempit karena media yang digunakan adalah air. Biasanya tanaman hidroponik menggunakan paralon yang dibuat tingkat dan ditaruh di teras rumah.

Ad Space

Selain paralon, Anda juga dapat menggunakan ember kecil, gelas plastik, atau toples. Ini akan membuat modal pengeluaran awal Anda dapat diminimalisir. Dalam bisnis hidroponik Anda juga tidak perlu menggunakan pestisida. Sehingga tidak heran jika tanaman hidroponik memiliki nilai jual yang tinggi. Seperti bisnis pada umumnya, Anda juga harus tekun dan terus belajar untuk menjalani bisnis hidroponik.

Akhir-akhir ini budidaya tanaman hidroponik tidak hanya dijual hasil tanamnya saja, tetapi sudah menjadi bisnis untuk hiasan rumah. Beberapa orang kerap menjual sistem hidroponik untuk mempercantik sudut rumah.

Biasanya para pelaku usaha hidroponik akan membuat sistem tanam bertingkat yang menarik. Tumbuhan hijau dan suara air yang mengalir menjadikan tanaman hidroponik ini juga cocok untuk hiasan. Ini kesempatan untuk Anda dalam mengembangkan bisnis hidroponik. Jika Anda ingin membuat cara tanam ini sebagai hiasan maka Anda perlu kreativitas dan inovasi agar dapat masuk ke pasar bisnis hiasan hidroponik.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>