Perkebunan, Usaha Makro

Cara Menanam Bawang Merah agar Hasil Melimpah

Kali ini kita akan  membahas tentang cara menanam bawang merah agar hasil melimpah, pembahasan ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba memulai budidaya bawang merah atau yang sedang kebingungan kenapa bawang merah hasil tanam jelek dan jauh dari standar jual.

Ad Space

Hal pertama ketika anda memulai untuk budidaya bawang merah yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit harus bekualitas baik.

Ciri-ciri benih yang bagus adalah :

  1. Benih harus berwarna merah segar
  2. Tidak busuk
  3. Kalau dibelah ada siung yang sampai ke atas (semacam daun berwarna hijau kecil)

Ketika sudah mendapatkan benih dengan kriteria terbaik tersebut, lanjut ke pengolahan lahan.

Ad Space

Langkah-langkah pengolahan lahan agar siap menanam benih bawang merah dengan baik adalah sebagai berikut  :

  1. Mengolah tanah menjadi bedengan
  2. Menyiram bedengan
  3. Memberi pupuk kandang ke bedengan
  4. Balik tanah. (Membajak tanah agar pupuk kandang/kompos tercampur sempurna dengan tanah), semakin sering semakin bagus.
  5. Lakukan penyiraman
  6. Lalu campurkan Kapur Pertanian dan Pupuk yang mengandung Nitrogen dan Fosfat yang tinggi ke tanah yang sudah tercampur kompos.
  7. Selang satu hari berikutnya, untuk mencegah timbulnya jamur pada bawang di kemudian hari, kita lakukan penyemprotan Trichoderma, gliocadium, dan Humid Acid
  8. Tanam benih dengan jarak 18-18 atau 18-20. Maksudnya adalah jarak antara benih bawang satu ke samping kiri-kanan-depan-belakang berjarak 18 cm, atau kiri kanan berjarak 18 cm, dan atas bawah berjarak 20 cm
  9. Lalu tunggu 15 hari, sembari menyirami bedengan dengan air tiap 2-3 hari sekali
  10. Di hari ke-15 beri pupuk NPK dengan kadar seimbang,
  11. Dicek pada tanaman, apakah ada penyakit atau tidak, kalau tidak ada penyakit, lakukan penyiraman seperti biasa 2-3 hari sekali. Kalau ada penyakit hama, bisa dicari atau dibuang dari tanaman, atau kalau tidak memiliki waktu yang banyak, bisa menggunakan pestisida.
  12. Ketika tiba hari ke-30 lakukan pemupukan kembali dengan pupuk yang memiliki kadar Kalium yang cukup tinggi, hal ini dimaksudkan agar umbi bawang merah yang tumbuh memiliki dinding sel yang besar, dengan dinding sel yang besar, berakibat asupan makan yang besar pula, sehingga buahnya menjadi besar.
  13. Lakukan pembersihan lahan, sembari menunggu panen di hari ke-55 sampai hari ke-65. Apabila selama menunggu waktu panen terdapat masalah hama atau jamur kita lakukan penangan yang tepat. Untuk hama, bisa dilakukan penyemprotan insektisida, dan kalau berjamur bisa dilakukan penyempotan fungisida.
  14. Lakukan pemanenan bawang

 

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>