KB Bank Bukopin Percepat Penyaluran Kredit Hijau untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Samarpratik > Berita Terbaru > KB Bank Bukopin Percepat Penyaluran Kredit Hijau untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

KB Bank Bukopin Percepat Penyaluran Kredit Hijau untuk Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

PT KB Bank Bukopin Tbk (KB Bank) terus menunjukkan komitmennya dalam menerapkan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG). Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan memacu penyaluran kredit hijau untuk mendukung sektor energi terbarukan, produk eko-efisien, serta transportasi ramah lingkungan atau Electric Vehicle (EV).

Sebagai wujud komitmen tersebut, KB Bank telah memberikan fasilitas kredit senilai US$ 20 juta atau lebih dari Rp309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), anak usaha dari PT Indika Energy.

Fasilitas penyaluran kredit hijau ini diberikan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik nasional, termasuk pengadaan Electric Bus untuk TransJakarta dan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

KB Bank menegaskan komitmennya untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kemitraan dengan INVI dianggap sebagai langkah signifikan yang selaras dengan komitmen pemerintah dalam menciptakan green mobility menuju netral karbon.

“Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi, dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini. Selain itu, kami melihat pembiayaan hijau memiliki potensi besar di Indonesia,” ujar perwakilan KB Bank dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin kemarin (29/7).

Menurut KB Bank, penyaluran kredit hijau berpotensi meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah sebagai regulator juga memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau, yang diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, sekaligus mendukung inisiatif pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik dan menghadirkan masa depan mobilitas yang lebih ramah lingkungan,” tambah KB Bank.

INVI mencerminkan semangat KB Bank untuk menghadirkan masa depan mobilitas komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. KB Bank bertekad untuk menghadirkan produk inovatif yang memahami kebutuhan konsumen Indonesia.

Komitmen KB Bank untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bank, yang merupakan pemimpin pembiayaan berbasis ESG di Korea Selatan. Langkah ini menunjukkan bahwa KB Bank tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Demikian informasi seputar penyaluran kredit hijau oleh KB Bank Bukopin. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Samarpratik.Com.