Berita Terbaru, Usaha Makro

UMKM di Jawa Tengah Mulai Terapkan E-Commerce

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah di Provinsi Jawa Tengah mulai beralih dan memanfaatkan teknologi E-Commerce atau pemasaran dunia digital. Salah satu tujuannya yaitu untuk semakin mempermudah dan memperluas pemasaran produk UMKM baik dalam negeri maupun tembus pasar internasional.

Ad Space

Menggunakan website dan melalui marketplace adalah salah satu cara untuk memperluas pemasaran produk. Namun sebelum masuk kedalam dunia digital secara mendalam pelatihan pelakuk UMKM untuk mengenal lebih jauh dan terpenting mengetahui seluk beluk dunia E-Commerce menjadi hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu.

Salah satu program yang memang dicanangkan secara nasional agar pelaku UMKM melek Dunia Digital adalah Program Gapura Digital dan setiap daerah memiliki program ini untuk pengembangan UMKM. Sedangkan di Jawa Tengah program ini bernama Gapura Digital Semarang.

Koordinator Gapura Digital Semarang Rizki Muliantara mengatakan sampai saat ini Gapura Digital Semarang sudah melatih lebih dari 1.000 UMKM dari berbagai kota dan kabupaten. Kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha muda yang ingin mengembangkan usaha, supaya bisa menembus pasar nasional.

Ad Space

Rizki menjelaskan saat ini pihaknya sedang mencoba menggandeng pemerintah untuk sosialisasi program Gapura Digital agar pelatihan bisa secara merata bukan hanya di Semarang. Sebab, beberapa potensi UMKM Jateng cukup besar seperti barang olahan dari kayu.

Pengembangan pelakuk UMKM melalui Gapura Digital disambut baik oleh Kepala Dinas Kopereasi dan UMKM Ema Rahmawati. Salah satu yang menjadi perhatian dan mendukung program ini adalah karena memang saat ini kendala UKM Jateng kurang maju adalah masalah pemasaran yang kurang canggih. Untuk itu Pemprov Jateng berikan pelatihan pemasaran secara digital.

Hal ini sangat logis ditengah perkembangan teknologi dan semua akses sumber informasi data tidka terbatas hal ini seharusnya bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha terutama pelaku UMKM. Jika bisa memanfaatkan potensi ini secara maksimal bukan tidak mungkin pasar produk yang tadinya hanya berkutat di pasar nasional atau daerah mampu tembus pasa internasional dengan pemasaran menggunakan E-Commerce.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>