Berita Terbaru

Solusi Cerdas Mengatasi Rantai Tiger yang Mahal

Alternatif mengatasi rantai tiger yang harganya semakin meroket.

Ad Space

Sebagian orang pasti sepakat jika Honda Tiger paling bermasalah pada bagian rantai. Berikut ini beberapa cara ada alternatif mengatasi rantai tiger yang rewel.

Sudah 20 tahun lebih Honda Tiger ada di tengah masyarakat Indonesia. Meskipun kini tidak diproduksi lagi, Honda Tiger masih digemari para pecinta motor, terutama yang hobi turing.

Memiliki kapasitas silinder yang tergolong besar (jika dilihat pada awal produksinya, mesin 200cc tergolong besar di masanya) tentu Honda Tiger membutuhkan perawatan dan spare part yang tidak biasa saja.

Trik Mengatasi Rantai Tiger yang Rewel

Rantai adalah salah satu komponen utama motor yang berperan vital, namun lantaran harganya yang kini semakin mahal (antara 900 ribu sampai 1juta-an) membuat penghobi motor legenda ini sering mengeluh dan tidak jarang kebingungan.

Namun jangan khawatir, terdapat beberapa solusi dalam mengatasi rewelnya rantai tiger tersebut. Berikut ini beberapa alternatif yang dapat anda coba dan terapkan.

  1. Rantai Ori Tiger Mahal? Pakai Indopart Saja!

Salah satu penyebab mahalnya rantai Tiger lantaran ukurannya yang tergolong besar, sehingga membutuhkan material yang lebih banyak. Namun, hal tersebut dapat diakali dengan mengganti rantai alternatif pihak ketiga.

Rantai keluaran dari Aspira atau Indopart dapat menjadi pertimbangan Anda. Memiliki harga di kisaran Rp200—250ribu-an (harga tahun 2019) tentu akan sangat meringankan Anda. Bagaimana dengan kualitasnya?

Ad Space

Memiliki harga yang terpaut jauh, ternyata juga memiliki kualitas yang digolongkan bagus. Apalagi dua merek tersebu adalah tipe rantai silent alias tidak menumbulkan suara berisik khas Tiger.

Gear Set Indopart untuk Tiger (tokopedia)

2. Ganti Rantai Tiger dengan GL Neo Tech

Memang Honda Tiger adalah motor yang dirancang untuk turing dan perjalanan jauh, dengan tenaga maksimal dapat tersalurkan di jalanan yang bebas hambatan.

Kemudian hal tersebut akan menjadi masalah ketika motor digunakan di jalanan kota yang padat dan sering macet. Posisi berkendari yang stop and go tentu akan membuat lelah berkendara.

Penggantian sproket standar (depan-belakang) Tiger dengan GL-Pro Neo Tech merupakan solusi dari permasalahn tersebut, selain harganya yang lebih murah (berkisar Rp180 ribu-an).

Penggantian sproket GL Neo Tech juga dapat meredam suara berisik rantai yang dihasilkan sproket bawaan Tiger. Selain itu tarikan motor juga akan menjadi lebih panjang. Hal tersebut tentu membuat pengendara tidak terlalu lelah mengganti posisi gigi motor di jalanan kota.

Ingin mendapatkan info seputar tips & trik otomotif lainnya? Jangan lupa untuk mengunjungi website berita harian online otomotif untuk mendapatkan update berita-berita terbaru.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>