Berita Terbaru, Usaha Makro

Qlapa Maketplace Plilhan Bagi UMKM Indonesia

Qlapa marketplace merupakan salah satu wadah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya. Marketplace ini muncul dan berkomitmen memang untuk menjual produk lokal Indonesia melalui digitalisasi produk marketplace.

Ad Space

Saat ini marketplace yang sudah ada di Indonesia memang menjual produk lokal Indonesia namun presentasenya masih bisa dibilang terbatas hanya mencapai 6-7%, angka ini masih jauh dari semestinya sehingga salah satu faktor pertumbuhan UMKM di Indonesia stagnan.

“Ini sudah sangat tidak normal. Jangan sampai volume perdagangannya makin besar, tapi kontribusi produk lokal makin kecil. Kalau ini dibiarkan, industri kita nggak jalan, sehingga pertumbuhan kita nggak akan sustainable.” jelas Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani.

CEO dan co-Founder Qlapa Benny Fajarai menyebutkan pembuatan Qlapa Marketplace merupakan bagian dari sumbangsinya menciptakan iklim positif bagi tumbuh dan berkembangnya industri UMKM yang sehat dan berkelanjutan di Indonesia.

“Qlapa dibangun dengan misi untuk memberdayakan kreativitas lokal Indonesia, khususnya dalam sektor kerajinan tangan.” jelas Benny. “Kami percaya akan kualitas dan daya saing produk kerajinan Indonesia; melalui kurasi dan seleksi yang baik, Qlapa berusaha untuk menampilkan karya tangan dari pengrajin-pengrajin berbakat di Indonesia.”

Ad Space

Benny menambahkan, untuk bisa bertumbuh dengan pesat, pemain lokal butuh panggung khusus. Menurut Benny, komitmen Qlapa untuk 100% menampilkan produk-produk lokal yang berkualitas tidak lantas menjadikan Qlapa menjadi kalah saing dengan marketplace-marketplace lain yang menjual produk-produk impor.

Saat ini, lebih dari 4.000 pelaku UMKM telah tergabung dengan Qlapa, dengan ratusan ribu produk lokal berkualitas yang siap dipasarkan di lapak online tersebut. Menurut keterangan Qlapa, omzet kolektif bulanan para penjual di Qlapa dapat mencapai miliaran rupiah setiap bulannya.

Di erag perkembangan teknologi seperti sekarang ini juga merambah di dunia bisnis. Oleh karena itu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku bisnis di Indonesia termasuk para pelaku UMKM Indonesia untuk meningkatakan pemasaran dan nilai jual produk  mereka.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>