Berita Terbaru, Usaha Makro

Produk Lokal Go Internasional

Saat ini keinginan menjadi pengusaha dan wiraswasta memang terlihat meningkat. Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi pilihannya, Merebut pasar lokal kemudian menembus pasar internasional adalah idaman para pelaku UMKM. UMKM berpeluang tembus pasar Ekspor internasional tentunya dengan fokus terhadap mutu produk.

Ad Space

Banyak potensi yang ada di Indonesia untuk produk lokal. Apalagi saat ini di era perkembangan teknologi sebegitu pesat bukan halangan lagi jika produk UMKM Indonesia bisa bersaing dan masuk eksport internasional.

Namun terkadang yang masih menjadi kendala utama ketika masuk ke pasar eksport adalah mutu produk dan substansial produk yang diproduksi.

Banyak UMKM yang padahal mereka mampu masuk kedala pasar internasional dalam namun kebanyakan mereka hanya konsen di pasar lokal Indonesia. Anggapan mereka tentang pasar internasional dan berbagai perizinan yang nantinya harus dilengkapi oleh pelaku UMKM untuk produknya bisa dipasarkan di pasar internasional.

Ad Space

Kemudahan juga diberikan oleh pemerintah dengan mengeluarkan berbagai peraturan yang memang memudahkan pelaku UMKM mengurus segala keperluan untuk eksport. Bahkan selain itu pemerintah juga memberikan bantuan modal untuk semakin mengembangkan produk yang dimiliki agar bisa dikenal semakin oleh pasar luas.

Kemudian untuk semakin mendukung terwujudnya produk lokal Go Internasional pemerintah juga sering menggelar pameran di dalam dan luar negeri untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia kepada pasar internasional.

Semuanya hanya tinggal keinginan dari pelaku UMKM itu sendiri untuk mau atau tidak masuk kedalam pasar internasional. Berbagai kemudahan dan dorongan secara materil dan program sudah pemerintah sediakan tinggal UMKM itu sendiri mau mengikutinya atau tidak.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>