Berita Terbaru, Usaha Makro

Pelaku UMKM di Bali Harus Berani Tingkatkan Produksi dan Kualitas Produk

Perkembangan UMKM di Pulau Bali semakin berkembang pesat dan semakin dikenal dimata Negara lain setelah ajang IMF-World Bank di Bali beberapa waktu yang lalu. Dampak positif dari hal ini adalah pelaku UMKM di Bali harus meningkatkan produksi dan kualitas produksi produk agar mampu menjawab tantangan pasar global.

Ad Space

Pelaku UMKM di Bali harus mau tidak mau siap meningkatkan beberapa hal tadi. Setelah ajang IMF-WB Bali 2018 mungkin mereka para delegasi yang tadinya belum tahu tentang produk UMKM di Bali sudha tahu dan bisa saja membeli sebagai pembeli dari pasar internasional. Beberapa produk UKM tersebut misalnya perusahaan perhiasan emas dan perak, dan berbagai suvenir lainnya.

Peningkatan mutu produk selain meningkatkan harga jual juga daya saing produk lokal dalam persaingan ekspor. Menopang komitmen tersebut sudah tentu kesiapan sumber daya manusia ( SDM) pemotif, bahan bzku, kemasan, dan promosi sangatlah penting. Sebab dengan itu produk khas Bali akan makin dikenal luas dan mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan perekonomian.

UMKM di Bali memang dalam tahap pengembangan kearah yang lebih baik. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia dan favorit wisatawan asing harusnya iklim ini dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong pemasaran produk lokal UMKM di Bali.

Hal ini dirasa selama ini belum optimal dikarenakan beberapa pelaku UMKM di Bali masih belum mampu memberikan produk yang diinginkan oleh pasar. Beberapa kendala memang masih dirasakan selain memang kendala modal yang dikeluhkan.

Ad Space

Beberapa program pemerintah pusat dan daerah untuk memajukan potensi pengembangan UMKM di daerah memang harusnya juga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM.

Program inilah yang dinilai mampu mengembangkan UMKM agar bisa bersaing di pasar nasional ataupun pasar internasional dengan produk laiinnya sejenis.

Saat ini program utama pemerintah dan bekerjasama dengan beberapa marketplace di Indonesia adalah program UMKM Go Digital. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan hal ini juga menyasar pasar produk UMKM.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>