Berita Terbaru, Usaha Makro

Hendrar Prihadi Membuka Gebyar UKM jaman Now di Semarang

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu tonggak penggerak ekonomi kerakyatan di Indonesia. Di era zaman generasi Z atau milenial memang kebanyakan target pasar UMKM adalah mereka. Pola inilah yang seharusnya dipahami oleh pelaku UMKM untuk masuk target pasar kaum milenial secara efektif.

Ad Space

Inilah yang diungkapkan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam pembukaan Gebyar UMKM Jaman Now di Semarang beberapa waktu yang lalu.

Tahun 2018 ini di Semarang saja pengangguran tidak bisa dikatakan sedikit. 6,8 % adalah jumlah pengangguran di Semarang. Dan salah satu untuk mengatasi pengangguran ini adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan konsen untuk menjadi pengusaha atau pelaku UMKM.

Walikota Semarang ini emnyebutkan untuk menjadi menjadi pengusaha bisa dimulai dari bawah diawali dengan berjualan tanpa modal namun bisa dengan jualan konsep, jualan diferensiasi dan jualan ide yang bisa menghasilkan lapangan pekerjaan. Setelah siap dengan ide barulah mengembangkan dengan sarana Teknologi Informasi, dan ditambah dengan kreatifitas, konsep yang jelas dan keberanian.

Memang untuk mengembangkan bisnis tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Hal pertama yang memang terkadang menjadi batu sandungan kebanykan pelaku UMKM adalah modal. Hendrar Prihadi menyebutkan bahwa untuk permasalahan modal pemerintah siap membantu dengan menyalurkan bantuan modal Kredit Wibawa.

Ad Space

Sedangkan untuk permasalahan pemasaran memang sepenuhnya tanggung jawab pelaku usaha. Pemerintah hanya membukakan jalan saja, seperti menggelar pameran dan pelatihan pemasaran produk UMKM.

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesar kemudahan informasi dan tidak terbatasnya ruang waktu harus bisa dimanfaatkan sebagai peluang pemasaran produk UMKM. Kalau bisa dibilang saat ini UMKM harus menjadi UMKM zaman now.

Mampu menggaet target pasar kaum milenial dengan beberapa cara yang sekiranya benar-benar memanfaatkan teknologi kekinian agar lebih optimal.

Beberapa teknologi memang sudah mulai mengarah kepada pemasaran zaman now yang sekiranya bisa menjadi strategi untuk bisa menggaet kaum milenial sebagai target pasar produk UMKM zaman now.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>