Berita Terbaru, Usaha Makro

Facebook Ingin Ikut Kembangkan UMKM di Indonesia

Berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sampai saat ini sudah mencapai angka 59 juta. Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, dari total keseluruhan pelaku UMKM di Indonesia tidak semuanya memanfaatkan teknologi, padahal pengembangan UMKM melalui pemasaran digital sangatlah penting.

Ad Space

Facebook sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan memiliki platform pemasaran digital memang sampai saat ini terus aktif dalam pengembangan pelaku UMKM di Indonesia. Hingga saat ini tercatat 15.000 UMKM dari 20 kota di Indonesia yang telah dilatih Facebook baik secara offline maupun online.

Dalam pelatihan yang digelar oleh Facebook untuk meningkatkan kemampuan, daya saing dan pengembangan pemasaran secara digital UMKM, Facebook menyediakan program e-learning global dari Facebook berisi berbagai materi paket pelajaran 30 hari, 60 hari, dan 90 hari. Hal ini guna meningkatkan keterampilan digital yang diperlukan oleh UMKM dalam memajukan bisnisnya.

“Di Facebook, kami menghargai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka adalah penggerak mesin perekonomian Indonesia dan juga denyut jantung komunitas kami,” ujar Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines, Ferdy Nandes, di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dikatakan Ferdy, 80% UMKM mengaku terbantukan penjualannya karena platform Facebook apalagi penggunaan Facebook Ads dan Instagram yang menjadi kunci kesuksesan UMKM dalam melakukan pemasaran digital.

Ad Space

Pengembangan UMKM yang dilakukan Facebook Indonesia juga secara resmi telah didukung penuh oleh Facebook pusat di Amerika Serikat.

Dijelaskan Ferdy, Facebook sampau saat ini telah mengucurkan investasi senilai USD1 miliar atau sekitar Rp14,6 triliun untuk mengembangkan UMKM secara global termasuk Indonesia, sejak 2011. Investasi itu digunakan untuk program pelatihan, serta penambahan fitur yang mendukung bisnis UMKM di masa mendatang.

UMKM di Indonesia bisa memanfaatkan peluang ini untuk pengembangan UMKM yang dimiliki. Di beberapa daerah seperti Bali, Industri pariwisata di Bali masih sangat kurang pelaku UMKM terjun disana. Belum di beberapa daerah di Indonesia dan harusnya dengan berbagai program dukungan baik dari pemerintah dan pihak swasta mampu semakin meningkatkan peran UMKM Indonesia semakin maju dan berkembang.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>