Berita Terbaru, Usaha Makro

Desa Wisata Cara Pengembangan UMKM di Indonesia

Desa Wisata adalah  komunitas atau masyarakat yang terdiri dari para penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung dibawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai ketrampilan dan kemampuan masing-masing memberdayakan potensi secara kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona sehingga tercapai peningkatan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Ad Space

Pengamat ekonomi Cyrillus Harinowo Hadiwerdoyo menilai bahwa desa wisata dapat menjadi salah satu tumpuan bagi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Rata-rata pendapatan devisa dari satu wisatawan mancanegara (wisman) adalah 1.100 dolar AS. Itu 100 persen masuk Indonesia, ini masuk ke UMKM,” ujar Cyrillus Harinowo Hadiwerdoyo yang juga Komisaris Independen Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam forum “Kafe BCA on the road” bertema pengembangan turisme, di Yogyakarta, Minggu (23/9/2018).

Pada 2018, dirinya menyampaikan kunjungan wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia  mencapai 17 juta, sehingga potensi pemasukan devisanya mencapai 18,7 miliar dolar AS, dengan asumsi rata-rata pendapatan devisa dari satu wisman sebesar 1.100 dolar AS.

Ad Space

Apalagi saat ini diketahui bahwa pariwisata menjadi salah satu industri yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat Indonesia. Dan ekonomi yang ada di Indonesia bisa dibilang saat ini kebanyakan masyarakat adalah UMKM.

“Mungkin selama 2018 ini kita akan mencapai di atas 16 juta, mudah-mudahan 17 juta turis. Target 2019 yang mencapai 20 juta turis,” ujarnya.

Yogyakarta, lanjut dia, membuka potensi penambahan jumlah wisatawan asing yang sangat tinggi. Gunung Kidul saat ini menjadi salah satu destinasi wisata teratas bagi turis yang datang ke Yogyakarta, dengan daya tarik utama Goa Pindul dan kawasan pantainya yang begitu indah berpadu dengan pasir putih khas pantai Gunung Kidul.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>