Peternakan

Cara Budidaya Domba Garut Yang Baik dan Efektif

Ternak Domba Garut memang menjadi salah satu komoditi bisnis yang menguntungkan, permintaan pasar akan domba menjadikan bisnis jual beli domba kian mendapatkan tempat strategis dipasaran jual beli hewan di Indonesia.

Ad Space

Dalam proses tersebut pastinya ada beberapa hal yang tidak bisa disepelekan begitu saja,  untuk Domba Garut berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi melalui proses budidaya tidak sembarangan.

Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara budidaya Domba Garut yang baik dan efektif mari kita simak bersama ulasan artikel berikut ini.

Cara budidaya domba garut haruslah melalui tahapan pemilihan bibit yang berkualitas dan pastinya indukan harus berkualitas pula. Pilihlah indukan dari beberapa peternak pilihan dan memiliki sertifikan resmi dari Dinas peternakan.

Kemudian hal yang tak kalah penting untuk memaksimalkan potensi Domba Garut adalah kondisi kandang.

Kondisi kandang haruslah sesuai dengan kriteria kandang hewan sehat dan bersih, kandang terbuat dari bahan yang kuat. Sinar matahari dan sirkulasi udara harus terjaga dan lancar karena hal ini sangat erat dengan kesehatan Domba.

Ad Space

Faktor yang tak kalah penting adalah kandang Domba Garut haruslah memiliki kelengkapan kandang seperti tempat makan, minum dan terpenting penampungan kotoran.

Cara budidaya Domba Garut yang baik dan efektif tak lepas dari makanan yang setiap hari dikonsumsi domba. Untuk makanan haruslah benar-benar selektif bukan hanya rumput-rumputan namun makanan pendukung juga diperlukan seperti vitamin dan makanan buatan lainya.

Kebersihan kandang dan pemberian vaksin serta pemotongan bulu domba secara berkala menjadikan domba selalu sehat dan jauh terserang penyakit.

Sebagai peternak juga harus selalu waspada dan melakukan pengecekan secara berkala terhadap Domba ternak mereka, jika ada domba terserang penyakit segera lakukan karantina dan pengobatan dengan dokter hewan.

Hal ini sanga erat kaitanya dengan potensi untuk menghasilkan Domba Garut yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi dipasaran.

Apalagi saat ini sudah banyak metode modern yang digunakan oleh petani untuk semakin meningkatkan kualitas Domba Garut, peternakan modern beberapa tahun kedepan akan menjadi hal penting dalam dunia peternakan di Indonesia.

 

Ad Space
Ad Space

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>