Berita Terbaru, Usaha Makro

Bisnis UKM Kamu Gulung Tikar ? Alasan Utama Ini Mungkin Penyebabnya

Pasang surut dunia usaha memang selalu terjadi, anggapan bisnis mudah memang terkadang ada benar dan tidaknya. Bisnis bukanlah hal begitu saja kemudian sukses, butuh kerja keras dan strategi pastinya untuk menjadikan bisnis sukses dan tidak gulung tikar.

Ad Space

Nah bagi anda nih yang ingin membuka bisnis UKM atau sedang berjalan, ada beberapa alasan dan faktor yang harus diketahui penyebab UKM bisa gagal dan gulung tikar agar anda tidak mengalaminya.

  • Terlalu Fokus Terhadap Pendapatan

Pendapatan memang hal penting bagi sebuah bisnis. Namun ada kalanya jika kita terlalu fokus terhadap pendapatan bukannya untung yang akan didapat malahan kerugian. Haruslah pintar-pintar melakukan orientasi fokus agar fokus bisnis seperti pemasaran, inovasi produk tidak terbengkalai.

  • Cepat Merasa Puas

Fakto lainnya yang tidak kalah penting dan menjadi alasan kenapa Bisnis UKM Gulung Tikar adalah cepat merasa puas atas pencapain bisnisnya. Hal ini memberikan efek tidak mau berusaha memebrikan nilai tambah terhadapa produk bisnisnya sehigga lama-kelamaan maka akan ditinggalkan oleh konsumen.

Hal inilah yang terkadang kurang disadari, inovasi dan kreasi menjadi modal utama  dalam berbisnis. Tidak cepat puas inovasi produk dibutuhkan. Konsumen akan merasa dihargai dan mendapatkan produk lebih baik dari sebelumnya bisa dipastikan konsumen akan loyal kepada bisnis dan produk kita.

Ad Space
  • Strategi Biasa Saja

Strategi pemasaran dan pengenalan produk harusnya menjadi salah satu ujung tombak dimana bisnsi UKM yang dijalankan mampu terus bersaing dan mendapatkan pasar lebih banyak. Pemasaran dan pengenalan produk biasanya hanya memanfaatkan sistem kovensional atau offline.

Strategi inilah yang harusnya mulai dirubah di era perkembamgan teknologi seperti sekarang. Bisnis UKM didorong masuk dalam era digitalisasi produk. Disana Bisnis UKM bisa berkembang, memasarkan produk lebih luas dan menjangkau pasar lebih luas.

Beberapa faktor ini harusnya bisa dipahami dan menjadi perhatian agara Binsi UKM yang dimiliki tidak bangkrut atau bisa dibilang gulung tikar. Dan yang terpenting jangan menyerah, cepat puas diri dan strategi pemasaran dan branding harus tepat.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>