Berita Terbaru, Usaha Makro

Apakah Industri Kreatif Bisa Menjamur di Indonesia ?

Pemerintah sangat mendukung Industri Kreatif Indonesia untuk mengembangkan sayapnya ke level Nasional. Industri keratif bisa berupa apasaja, salah satunya berupa kerajinan dari limbah kertas atau kertas daur ulang. Limbah kertas yang sudah tak terpakai bisa dijadikan sebuah bisnis yang menggiurkan. Memadukan antara seni kreativitas dengan limbah kertas bisa mendapat keuntungan besar, dengan mengeluarkan modal yang minim.

Ad Space

Aktivitas ekonomi yang bisa menciptakan sebuah produk, informasi dari pengetahuan, biasa juga disebut dengan Ekonomi kreatif, Industri Budaya.

Peluang bisnis dalam industri kreatif saat ini sangat terbuka lebar saat ini, dimana pemerintah sangat mendukung bahkan menganjurkan setiap masyarakat bisa melakukannya. Tak ada maksud lain jika semua masyaraktnya sejahtera karena perekonomian dari bawah bisa stabil Negara juga akan di untungkan, apalagi jika produk hasil industri kreatif bisa sampai Impor. Industri kreatif memegang peranan penting dalam suatu negara, contoh di Amerika, Eropa, Singapura dan masih banyak lagi.

Ad Space

Industri kreatif saat ini semakin penting dalam mendukung kesejahteraan perekonomian, bahkan kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi yang utama. Berbagai karya produksi pengetahuan yang bersumber dari kreativitas dan inovasi akan sangat mempengaruhi perekonomian di abad ini. Kreativitas melalui Sub sektor industri kreatif sangat banyak sekali, industri dunia arsitektur, periklanan, produksi seni, kerajinan, design, Industri Kreatif Fashion, video, film, fotografi, musik, seni pertunjukan, layanan Komputer dan perangkat lunak, televisi, radio, kuliner, dan lainnya.

Disisi lain, perkembangan dalam industri kreatif juga banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Salah satu contoh dalam industri kreatif perfilman dan musik, banyak sekali pembajakan didalamnya. Membajak film dan musik bisa diartikan sebagai benalu, bagaimana tidak benalu bisa sangat merugikan banyak orang yang berada di balik industri kreatif tesebut.

Pembajakan juga akan merusak ekosistem industri kreatif yang tengah berkembang. Untuk itu pemerintah harus ikut turun tangan untuk menangai masalah pembajakan tersebut. Tak cukup pemerintah saja yang turun tangan, kepada masyarakat luas juga harus tahu bagaimana menghargai karya sebuah hasil dari Industri kreatif, untuk tidak membajaknya. Masyaraka juga harus mengkampanyekan perlawanan terhadap pembajakan, agar Industri keratif yang berkembang bisa terus menghasilkan karya yang bisa Go-International.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>