Berita Terbaru, Usaha Makro

Pentingnya Edukasi UMKM Tentang Digital Online Secara Berkelanjutan

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi salah satu penggerak ekonomi kerakyatan di Indonesia. Hal inilah yang kemudian terus didorong oleh pemerintah untuk semakin mengembangkan UMKM semakin berkompeten dan salah satunya yaitu dengan memanfaatkan teknologi dengan sistem platform online (E-Commerce).

Ad Space

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61.41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar 8% atau baru sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang telah sampai saat ini memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

Perlu diketahui bahwa manfaat yang nantinya akan didaptkan menggunakan sistem online menggunakan platform online memang sangat menguntungkan. Pemasaran yang lebih luas, branding lebih mudah dan kemudahan dari segi biaya akan semakin memberikan dampak positif bagi UMKM itu sendiri.

Melihat potensi ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatikan bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional menyerukan Gerakan Ayo UMKM Jualan Online.

Kegiatan ini bertujuan untuk mampu memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM di Indonesia untuk bagaimana mulai dari tahap awal seperti branding, menggunakan platform online itu sendiri sampai bagaimana penjualan nantinya.

Ad Space

Pada kesempatan tersebut Kemkominfo mengadakan pelatihan serta fasilitasi dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) turut serta dalam membangun dan menggerakkan usaha e-commerce di Indonesia.

Melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online Kemkominfo berkeliling ke 15 kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan mengajak beberapa narasumber terkait untuk memberikan sosialisasi dan juga pelatihan bagi UMKM yang sebelumnya masih menjalani usahanya secara tradisional untuk beralih menjadi online. Dalam kegiatan ini UMKM tidak hanya diajarkan bagaimana cara melakukan registrasi di marketplace, melainkan juga bagaimana teknik foto produk yang bagus dan menarik.

Jika tidak dimulai dari sekarang mau dimulai kapan lagi. Padahal diketahui teknologi dan pasar internasional terus berkembang dan memanfaatkan platform online sebagai media bisnis jadi inilah yang harus dipersiapkan UMKM di Indonesia untuk bisa bersaing dengan produk asing apalagi sampai bisa masuk pasar ekspor.

Ad Space
Ad Space

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>